-

http://www.arwaniyyah.com/templates/ya_kudus/images/logo-animated.gifhttp://www.arwaniyyah.com/templates/ya_kudus/images/logo-muter.gif

Mengenal Dekat Pondok Tahfidh Yanbu'ul Qur'an Anak-Anak Kudus

 

pndk Berdirinya Pondok Tahfihd Anak-Anak Yanbu'ul Qur'an dilatarbelakangi adanya keinginan masyarakat Kudus pada lembaga pendidikan yang mampu menampung dan memberikan lanjutan bagi anak-anak mereka yang telah menyelesaikan pendidikan Al Qur'an di Pondok Manba'ul Hisan  Sedayu Gresik jawa timur.
Adanya keinginan dan harapan tersebut disampaikan kepada para pengurus / pengasuh Pondok Yanbu'ul Qur'an yang ada pada saat itu sudah berkecimpung dan berkiprah di bidang pendidikan  Al Qur'an, khususnya Tahfidh Al-Qur'an.
Oleh beliau KH. Mc. Ulinnuha Arwani (putra pertama KH. Mc. Arwani Amin) atas nama pengurus Pondok Yanbu'ul Qur'an, keinginan tersebut ditanggapi secara positif. Maka dengan dibantu para Ulama' dan Agniya kota Kudus, didirikanlah lembaga-lembaga Pendidikan Al Qur'an sebagai lanjutan pendidikan pra sekolah pada tahun 1986.
Berawal dari lima orang wali santri dari asuhan pondok anak-anak Gresik Jawa Timur yang berniat untuk melanjutkan pelajaran pengembangan baca al-Qur’an, Bapak KH. Mc. Ulinnuha Arwani siap menampung 6 santri tamatan Pondok Anak-Anak Gresik sebagai bibit santri Pondok Tahfdih Anak-Anak Yanbu’ul Qur’an Kudus.
            Semula dibangun 2 kamar santri di komplek Pondok Thoriqoh Kwanaran pada tahun 1986 tiga tahun disiapkan pembangunan di tanah seluas + 6000 m2 dari wakaf muslimin dan Muslimat yang berlokasi di Desa Krandon yang agak representatif semua disiapkan tiga unit gedung siap huni.
Setahun kemudian, setelah KH. Mc. Ulinnuha Arwani pulang dari menunaikan ibadah haji, beliau menginginkan santri-santri Pondok tersebut menghafal Al-Qur'an 30 juz sebagaimana Pondok Tahfidh Al-Qur'an yang beliau ketahui di Makkah. Setelah beliau bermusyawarah dengan adik beliau KH. Mc. Ulil Albab Arwani, maka pada tahun itu resmilah Pondok tersebut menjadi Pondok Tahfidh Anak-Anak Yanbu'ul Qur'an.
Alhamdulillah tahun 1987 berkat bantuan bantuan muslimin muslimat di kudus dan sekitarnya angan-angan di atas tecapai. Sampai pada saat itu tahun 2004 (setelah berlalu 18 tahun) dari tiga unit bangunan tersebut berkembang menjadi 10 unit dengan jumlah santri 185 santri, namun dari tuntutan repressentasi yang dibutuhkan saat itu harus dibangun 1 uit lagi Guna tempat khusus menghafal agar kontrol evaluasi pimpinan pondok lebih mudah dan gairah santri terfasilitasi, sekaligus guna tempat transit wali santri yang setiap sebulan sekali / setiap jum’at awal bulan Qomariyyah meninjau sekaligus mengevaluasi putranya.
Demikianlah sedikit uraian sejarah Pesantren Pondok tahfidh Anak-Anak Yanbu’ul Qur’an, semoga dapat terus berkembang dan mendapat ridho Ilahi. Amin.....

 
scroll back to top
comments
 
 
YAYASAN ARWANIYYAH KUDUS
Jl. KH. M. Arwani Kelurahan Kajeksan No.24 Telp/Fax.(0291) 445161 PO BOX 124 Kudus Jawa Tengah 59332 Indonesia
Website : www.arwaniyyah.com  Email : Alamat surel ini dilindungi dari spambots. Anda harus mangaktifkan JavaScript untuk melihatnya.
 
 
 
LiveZilla Live Help