-

http://www.arwaniyyah.com/templates/ya_kudus/images/logo-animated.gifhttp://www.arwaniyyah.com/templates/ya_kudus/images/logo-muter.gif

Sekilas Kegiatan PTYQ Putra

 

 pembekalan muqri

 

Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar di PTYQ dewasa putra dimulai sejak subuh hingga menjelang malam. Kegiatan rutin yang berkenaan dengan Al Qur'an diantaranya adalah setoran hafalan pada KH. M. Ulin Nuha Arwani, yang dimulai dari ba'da Subuh hingga selesai. Santri yang mengikuti kegiatan ini adalah para khotimin yaitu santri yang telah mengikuti ujian akhir/masalan; dan santri yang telah setor minimal 20 juz kepada KH. Ulil Albab Arwani

Berikutnya adalah setoran hafalan pada KH. M.Ulil Albab Arwani, dimulai pukul 05.30 s.d selesai. Para santri diperbolehkan setoran hafalan Al Qur'an kepada KH. Ulil Albab bila telah selesai belajar makhroj selama kurang lebih 8 bulan atau telah mendapat rekomendasi dari ustadz kelas tahsin dan departemen pendidikan. Pada jam ini pula para khotimin yang melanjutkan belajar qiro'ah sab'ah menyetorkan hafalan qiro'ahnya.

Selanjutnya jam wajib madrasah pagi. Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00. Diampu oleh ustadz yang telah ditunjuk dan dilaksanakan di kelas sesuai dengan tingkatannya masing-masing. Penentuan jenjang kelas didasarkan pada jumlah juz yang telah disetorkan kepada KH. Ulil Albab Arwani.

Adapun jenjang kelas madrasah pagi dibagi menjadi:

a. Kelas Persiapan A

            yaitu kelas makhroj, tahsin dan bin nadhor

b. Kelas persiapan B

            ditempati oleh para santri yang telah menyetorkan hafalan antara juz 1-8

c. Kelas I

            ditempati oleh para santri yang telah menyetorkan hafalan antara juz 9-14

d. Kelas II

            ditempati oleh para santri yang telah menyetorkan hafalan antara juz 15-22

e. Kelas III

            ditempati oleh para santri yang telah menyetorkan hafalan antara juz 23-30

f. Kelas Mudarosah

            Ditempati para Khotimin dan santri-santri yang telah mengikuti tes kelas mudarosah yaitu mampu membaca 30 juz bil ghoib.

Sebagai penunjang hafalan Al Qur'annya, kepada para santri juga diajarkan beberapa kitab klasik tentang tafsir (tafsir jalalain), At Tibyan, asbabun nuzul, fiqih (Kasyifatu Saja), Tasawuf (Risalatul Mu’awanah) dan Adab (Nashoihul Ibad).

 

 

 

scroll back to top
comments
 
 
YAYASAN ARWANIYYAH KUDUS
Jl. KH. M. Arwani Kelurahan Kajeksan No.24 Telp/Fax.(0291) 445161 PO BOX 124 Kudus Jawa Tengah 59332 Indonesia
Website : www.arwaniyyah.com  Email : Alamat surel ini dilindungi dari spambots. Anda harus mangaktifkan JavaScript untuk melihatnya.
 
 
 
LiveZilla Live Help