Penerimaan Santri Baru Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Anak Krandon

Tim penguji sedang menyimak video tes baca dan hafalan peserta PSB (doc. PTYQA Krandon)

KUDUS, YAYASAN ARWANIYYAH KUDUS – Dalam menyambut tahun ajaran baru, Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Anak Anak Krandon Kudus menyelenggarakan Pendaftaran Santri Baru (PSB). PSB kali ini dilakukan secara online untuk ketiga kalinya karena melihat kondisi pandemi yang masih berlangsung.

Menurut Ustadz Jannah selaku ketua panitia PSB, PSB dilaksanakan secara online karena adanya aturan ketat protokol kesehatan selama pandemi, cara ini disebut lebih efisien karena calon santri beserta walinya tidak perlu datang ke pondok terlebih dahulu. Jadi proses penerimaan santri baru tidak akan terkendala tempat dan waktu.

Kegiatan PSB online diikuti 146 calon santri dari berbagai daerah. Masing-masing diwajibkan mengirimkan video mengenai materi membaca dan hafalan Al-Qur’an. Meliputi kefasihan dan kelancaran membaca Surat Jin ayat 1-10 dan kesempurnaan hafalan Surat Adzariyat ayat 7-26. Video tersebut dikirimkan ke channel telegram panitia PSB sebagai syarat wajib dalam seleksi, dan diberikan batas waktu pengumpulan sampai 23 Maret 2022.

Setelah video terkumpul, pada 25 Maret 2022 dilakukan penilaian hasil video peserta PSB. Ratusan video dinilai oleh 7 mufatysy dan 1 ustadz perekap nilai yang ditunjuk langsung oleh pimpinan pondok KH. Ahmad Ainun Na’im dan KH. Arifin Noor. Melalui proses penilaian yang ketat, panitia kemudian mengirimkan hasil penilaian secara langsung ke whatsapp masing-masing wali calon santri pada 28 Maret 2022. Para calon santri yang sudah mendaftar harus bersaing untuk mendapatkan kuota 55 santri baru yang tersedia.

Ditulis oleh : Ustadz Nuraini

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.